Friday, April 5, 2013

Cara Beternak Burung Kenari


Beternak burung kenari melalui proses yang cukup panjang, anda harus merencanakannya secara matang. Ada beberapa peralatan dan makanan khusus yang perlu anda persiapkan, dan satu lagi “keberuntungan”. Salah satu tips terpenting untuk beternak burung kenari adalah menjaga lingkungan agar selalu kondusif / tidak membuat burung stress. Berikut adalah beberapa tahapan untuk mengembangbiakkan burung kenari:



1. Pisahkan kanari jantan dan betina hingga masa kawin. Anda harus memantau burung-burung kenari anda apakah sudah dalam masa kawin. Pejantan biasanya lebih dulu memasuki periode ini daripada betina. Pejantan yang sudah siap kawin biasanya akan memperlihatkan tingkah laku yang khas, misalnya menjatuhkan sayap saat mereka bernyanyi. Suara mereka juga akan menjadi lebih keras dari biasanya. Selain itu anda mungkin menemukan kenari jantan anda menari-nari di sekitar tenggerannya dan menjadi lebih agresif terhadap pejantan lain. Saat ada pejantan lain yang mendekat, mereka akan berusaha menantang. Sedangkan untuk kenari betina, mereka akan merobek-robek kertas seperti burung sedang menyiapkan sarangnya. Selain itu alat kelamin mereka akan berubah menjadi merah dan membengkak. Tingkah laku lainnya adalah mereka akan menaikkan ekor dan melakukan gerakan jongkok bangun saat ada pejantan yang mendekat.

2. Tahap berikutnya untuk beternak burung kenari adalah mengenalkan kenari jantan dan betina. Anda harus menyediakan kandang khusus untuk mereka kawin. Berikan sekat di dalam kandang agar kenari jantan tidak menyakiti kenari betina. Jangan melepaskan sekat ini hingga si betina membuat sarangnya. Anda bisa meletakkan sarang buatan ke dalam kandang tersebut. Ada berbagai bahan yang biasanya dipakai untuk membuat sarang buatan, misalnya kawat atau plastik. Jika kenari betina sudah selesai membuat sarang, anda bisa melepaskan penyangga.

3. Pemberian makan yang tepat juga penting saat beternak burung kenari. Burung kenari yang sedang mempersiapkan sarang sebaiknya diberikan makanan yang berisi biji-bijian. Buah juga sangat baik untuk kesehatan mereka. Makanan tinggi kalsium bisa anda tambahkan ke dalam menu makanan mereka agar telur yang dihasilkan sehat dan memiliki cangkang kuat.

No comments:

Post a Comment